11 Potret Keindahan Situ Lembang yang menjadi tempat latihan Kopassus

Situ Lembang terletak di Lembang, tepatnya di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Berikut 11 potret keindahan Situ Lembang.

I. Pengenalan Situ Lembang



Lokasi Geografis

Situ Lembang terletak di Lembang, tepatnya di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Danau ini berada di antara kaki Gunung Tangkuban Parahu dan kaki Gunung Burangrang.

Akses dan Penanda Lokasi


Situ Lembang sudah ditandai dalam Google Maps untuk memudahkan pencarian.

Situ Lembang


II. Sejarah Situ Lembang


Pembuatan dan Fungsi Awal

Situ Lembang merupakan danau buatan yang dibangun oleh Belanda pada masa penjajahan. Dibuat sebagai cadangan ketersediaan air guna memasok kawasan Cimahi, yang kala itu sudah menjadi lokasi pusat pelatihan dan pendidikan militer.

Sumber Mata Air


Air di danau ini berasal dari hulu Sungai Cimahi dan Hulu Cai yang berasal dari Gunung Burangrang. Dari Situ Lembang, air mengalir ke Sungai Cimahi dan juga menjadi mata air untuk PDAM.

III. Fungsi dan Kepentingan Strategis


Penampungan Air Utama


Situ Lembang merupakan penampungan air terbesar di kawasan Bandung Utara, atau wilayah Kabupaten Bandung Barat.

Pengaruh Terhadap Air Terjun


Situ Lembang merupakan hulu dari beberapa curug (air terjun) yang ada sepanjang Sungai Cimahi, seperti Curug Bugbrug, Curug Pelangi (Curug Cimahi), Curug Panganten, dan Curug Lalay.
Ketinggian air terjun ini bervariasi, dari yang terendah Curug Lalay setinggi 35 meter, hingga yang tertinggi Curug Pelangi (Curug Cimahi) setinggi 87 meter.

IV. Penggunaan Militer


Latihan Militer Kopassus

Area seluas 68 hektar ini digunakan sebagai tempat latihan oleh Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Oleh karena itu, Situ Lembang tidak lagi dapat dijadikan tempat wisata untuk umum setiap waktu dan harus memiliki perizinan untuk masuk ke kawasan Situ Lembang.

Pusat Pelatihan Kopassus


Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Situ Lembang menjadi pusat pelatihan dan penggemblengan personel Kopassus yang selalu terlihat gagah saat bertugas.

V. Dampak Kerusakan Lingkungan


Pembangunan yang Merusak


Kerusakan kawasan hutan di Bandung Utara akibat pembangunan villa dan resort yang sudah merambah kawasan sekitar wilayah ini.

Dampak pada Ketersediaan Air

Air di Situ Lembang sering menyusut secara ekstrem, terutama di musim kemarau. Menurunnya kemampuan Situ Lembang sebagai sumber air baku untuk PDAM Tirta Raharja.

VI. Potret Keindahan Situ Lembang

11 Potret Keindahan Situ Lembang

11 Potret Keindahan Situ Lembang

11 Potret Keindahan Situ Lembang

11 Potret Keindahan Situ Lembang

11 Potret Keindahan Situ Lembang

11 Potret Keindahan Situ Lembang

11 Potret Keindahan Situ Lembang

11 Potret Keindahan Situ Lembang

11 Potret Keindahan Situ Lembang

11 Potret Keindahan Situ Lembang yang menjadi tempat latihan Kopassus




VII. Kesimpulan


Keindahan dan Pentingnya Konservasi

Situ Lembang tidak hanya indah secara alamiah, tetapi juga memiliki peran penting sebagai sumber air dan area latihan militer.
Perlunya upaya konservasi dan pengaturan pembangunan di sekitar kawasan untuk menjaga kelestarian Situ Lembang.


Peran Penting dalam EkosistemSitu Lembang adalah bagian integral dari ekosistem lokal dan sumber daya yang kritis bagi kawasan Bandung Utara.

Posting Komentar